Belajar Menjaga Aksara Daerah dari Bali

Ketua Fraski PKS DPRK Banda Aceh, Tuanku Muhammad

Tuanku Muhammad bersama Istrinya

Perjalanan saya ke Bali tahun 2021 ini merupakan perjalanan ketiga bersama sang istri dalam rangka tuor domestic PT DEP setelah dua kunjungan sebelumnya tahun 2016 ketika menghadiri Konferensi Internasional.

Setiap ke Bali ada banyak hal yang bisa saya pelajari terutama bagaimana cara masyarakat Bali menterjemahkan budaya mereka dalam membangun dunia pariwisatanya yang sudah terkenal hingga seluruh dunia.

Salah Satu Palang Nama Sekolah di Provinsi Bali. Foto : Tumad

Salah satu diantara banyak hal yang saya kagumi adalah penggunaan aksara bahasa Bali yang tetap masih dipertahankan dalam penulisan papan nama sekolah, kantor, rumah ibadah, pertokoan maupun literasi lainnya.

Meskipun Bali yang juga dikenal dengan nama pulau Dewata telah dikunjungi oleh berbagai macam etnis, suku dan ras warga negara dunia, namun keinginan untuk tetap mempertahankan budaya lokal sangatlah tinggi. Sehingga tidaklah heran jika Bali selalu menarik dikunjungi karena selalu menyimpan kearifan lokal yang tidak kita temukan di tempat lain.

Sebab itu, sebagai seorang Aceh yang sangat cinta akan kemajuan daerahnya. Saya kembali ingin mengajak para stakeholder pemangku kepentingan di Aceh untuk kembali membangkitkan penggunaan aksara  penulisan menggunakan aksara Arab yang disebut dengan “jawoe” atau aksara Jawi dalam bahasa Melayu.

Kita bisa memulai dengan penulisan papan nama jalan, sekolah, perkantoran dan pertokoan. Semangat kembali kepada  penulisan ini tidaklah ketinggalan zaman karena jika ke negara Malaysia kita masih juga menemukan penulisan aksara ini disamping huruf latin. Belum lagi masa kejayaan Aceh ketika di masa Kerajaan Aceh Darussalam semua surat-menyurat dan literatur keilmuan semuanya ditulis dengan aksara Arab bukan latin.

Jadi, mari kita Aceh berbenah untuk kemajuan tanpa harus melupakan jati diri dan kearifan lokal. Bali sudah membuktikannya, Aceh selanjutnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here