Catatan Ustaz  DR H Mohd. Yasir Yusuf MA : 11 Poin Menghadapi Ramadhan 1422 H

DR H Mohd. Yasir Yusuf MA

Hari, Ini 18 Sa’ban dan tinggal 2 Rabu lagi kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan. ada 11 langkah menghadapi Ramadhan agar Puasa ini sempurna.

Pertama,  Rasulullah bersabda bahwa sekiranya ummatku tau bahwa dibulan Ramadhan itu penuh dgn berkah dan rahmah maka mereka akan meminta agar bulan-bulan yang lainpun menjadi bulan ramadhan.

Kedua, Apa persiapan kita yang harus diperiapkan untuk dapat melakukan kegiatan di bulan suci agar dapat memasuki syurga .

Ketiga, Coba kita evaluasi ibadah kita selama ini, apa sdh layak utk mendapat syurga Allah ? infak, sedekah kita, ibadah kita  sudah bagaimana ? layakkah,?, maka perlu ditingkatkan agar memenuhi utk mendapatkan Syurga Allah.

Keempat, Selanjutnya dijelaskan bahwa perlu diperhatikan perencanaan leuangan dibulan suci dgn sebaik baiknya. Hal ini didasarkan dengan Ayat 37  surat Yusuf yang intinya bahwa bunakan hasil panen secukupnya, sisanya agar disimpan utk masa depanmu.

Kelima, Bawalah/gunakanlah harta yang halal/thaib ,karena Allah menyatakan senang  dengan harta yang halal dan Thaib.

Keenam, Biasanya dibulan Ramadhan pemakaian keuangan akan meningkat, karena itu harus diatur dgn baik , maka lakukan pemakaian keuangan sesuai dengan kebutuhan bukan sesuai dengan keinginan.

Ketujuh, Di bulan Ramadhan dberikan fahala berlipat ganda makanya agar kita dianjurkan  banyak bersedekah, infak dan bulan Ramadhan juga bulan yang agung karena dilbulan ini ada shalat taraweh,malam lailatul Qadar yang tidak ada dibulan yang lain karena itu tingkantkan ibadah kita.

Kedelapan, Bahwa zakat fitrah adalah kewajiban perorangan,maka wajib dilakukan walaupun bagi mereka yang miskin. Karena itu aturkanlah keuangan sedini mungkin agar terpenuhi kewajibannya.

Kesembilan, Ustaz menghimbau agar saat berbuka makanlah sekedar nya, jangan berlebih lebihan sehingga saat melakukan shalat taraweh tidak merasa lelah/ngantuk.

Kesepuluh, Selanjutnya ustaz juga mengajak utk mebyambut bulan Suci Ramadhan dgn penuh suka cita karena didalamnya mengandung Rahmat , Magfirah dan itkum minannar

Kesebelas, Demikianlah ringkasannya lebih kurang mohon maaf dan mudah2an ada manfaatnya. Wasssalam .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here