18 Orang Selamat Usai Pesawat Dilaporkan Hilang, Rusia: Ini Keajaiban

ilustrasi (Foto: Getty Images/Maja Hitij)

Jakarta – Para pejabat Rusia menyebut “keajaiban” terjadi setelah sebuah pesawat penumpang melakukan pendaratan darurat di sebuah lapangan di Siberia, dan keseluruhan 18 orang di dalamnya, selamat dengan hanya mengalami luka dan memar.

Sebelumnya pesawat An-28, yang dioperasikan oleh Siberian Light Aviation (SiLA) itu dilaporkan hilang. Kantor Gubernur Sergei Zhvachkin mengatakan, pesawat penumpang itu terbang dari kota Kedrovy ke Tomsk ketika komunikasi terputus.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (17/7/2021), Kementerian Darurat kemudian mengumumkan bahwa pesawat itu telah ditemukan, tampaknya setelah melakukan “pendaratan keras”, dan bahwa orang-orang yang selamat telah terlihat.

Badan penerbangan mengatakan pesawat itu ditemukan 155 kilometer (96 mil) dari landasan di Tomsk.

Kantor Zhvachkin mengumumkan bahwa semua orang di pesawat, termasuk tiga awak, selamat dan petugas medis “mencatat sebagian besar mengalami memar dan lecet”.

“Kami semua percaya pada keajaiban. Dan berkat profesionalisme para pilot, itu menjadi kenyataan: semua orang selamat,” kata Zhvachkin.

Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan pesawat terbalik dan hidung pesawat hancur.

Salah satu pilot pesawat, Farukh Khasanov, mengatakan kedua mesin mati.

“Kami tidak punya waktu untuk berpikir, kami harus melakukan pekerjaan kami,” katanya seperti dikutip oleh kantor berita TASS.

“Semuanya baik-baik saja. Semua orang selamat dan baik-baik saja — itu yang terpenting,” imbuhnya.

Zhvachkin mengatakan bahwa semua penumpang dan awak akan dibawa ke ibukota regional Tomsk, di mana mereka akan diperiksa oleh dokter.

Insiden itu terjadi hanya 10 hari setelah kecelakaan pesawat An-26 di semenanjung Kamchatka, timur jauh Rusia, yang menewaskan semua 28 orang di dalamnya.

Pesawat Antonov diproduksi selama era Uni Soviet dan masih digunakan di seluruh Rusia untuk transportasi sipil dan militer. Pesawat tersebut telah terlibat dalam sejumlah kecelakaan dalam beberapa tahun terakhir.(DETIK.COM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here