Biaya Rujuk Pasien dari Sabang ke Banda Aceh akan Ditanggung Pemerintah

aIlustrasi rumah sakit. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrei Vasilev)

Sabang – Pemerintah Kota Sabaang akan menanggung biaya rujukan pasien dari daerah itu ke rumah sakit di Banda Aceh. Keluarga pasien tidak lagi dipungut biaya.

“Ke depan biaya rujukan tidak akan dibebankan lagi kepada para pasien, ini adalah tanggung jawab pemerintah sepenuhnya,” kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi dalam keterangannya, Jumat (18/11/2022).

Pasien dari Sabang dirujuk ke Banda Aceh menggunakan kapal. Reza mengatakan, Pemko Sabang telah menggelar rapat dengan pihak terkait untuk membahas masalah rujukan pasien.

Dalam rapat itu diputuskan biaya rujukan pasien ditanggung APBD Sabang. Reza menjelaskan, pihaknya juga akan mengecek belanja perjalanan dinas pada RSUD Kota Sabang.

“Kira juga akan tempatkan satu unit mobil ambulans untuk pasien rujukan di Banda Aceh, serta untuk tahun 2023 nanti akan dipersiapkan kerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk penanganan rujukan dan hal-hal lain yang dianggap penting,” jelas Reza.

Menurutnya, pihaknya juga bakal meningkatkan pelayanan di RSUD Sabang. Targetnya ke depan tidak semua pasien harus dirujuk ke Banda Aceh.

“Yang tak kalah penting, untuk program jangka menengah akan dilakukan juga koordinasi lebih lanjut dengan pihak RSUD beserta stakeholder terkait lainnya, demi meningkatkan pelayanan dan sarana penunjang medis, agar para pasien tidak perlu semua harus di rujuk ke Banda Aceh,” jelasnya.

Sumber : detik.com

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here